mau belajar main gitar? berikut 5 langkah mudah belajar gitar secara otodidak

tentunya kalo kamu membaca artikel ini adalah untuk belajar main gitar.

jika yah, saya akan membantu dalam belajar main gitarnya secara otodidak.

apakah main gitar itu sulit kak?

jawabannya

TIDAK

yang lumayan sulit itu adalah mempelajari teknik permainan pada gitar, tapi kamu bisa tetap kok mempelajari teknik permainan gitar itu.

lanjut lagi kepembahasan utama, untuk bisa bermain gitar diperlukan waktu sekitar 1-2 minggu dengan 2 jam per hari latihannya.

waktu yang relatif cepat bukan untuk bisa bermain gitar, tapi itu baru dasarannya aja. untuk lebih seru lagi main gitarnya, kamu wajib belajar teknik permainan gitar setelah belajar gitar ini.

oke, langsung diambil gitar akustik atau klasik kamu dan siap untuk belajar gitarnya.

#1. pelajari teori musik sebagai dasaran untuk belajar memainkan alat musik

sebelumnya saya mau kasih tau teori tentang musik dulu. untuk apa sih kak kita harus belajar teori musik?

mempelajari teori musik ini akan sangat membantu kamu dalam belajar main musik seperti belajar teknik permainan gitar, mencari melodi pada lagu, dan melakukan improvisasi.

dan teori musik ini juga berlaku pada alat musik yang lainnya seperti biola, saxophone, piano, dll. jadi lumayan bukan ilmunya bisa kepake buat belajar alat musik yang lainnya.

belajar teori ini gak cukup lama kok, mungkin kamu akan paham teori ini dalam waktu kurang dari 1 jam.

dan tidak cukup banyak yang akan saya ajarkan disini, yaitu ada 3 pembahasan utama yaitu :

  • nada yang pada musik
  • not yang melambangkan nada
  • dan tangga nada

tapi jika kamu sudah mengerti tentang 3 teori diatas, silahkan kamu lanjut pada langkah selanjutnya.

namun, jika belum mengerti, klik disini -> lanjutkan membaca.

Baca juga :

  • tips mencari melodi lagu pada gitar

#2. biasakan jari-jari menekan senar gitar, dengan melakukan senam jari

banyak orang yang baru belajar main gitar tapi tidak melakukan senam jari, dengan alasan melakukan senam jari itu tidak penting.

padahal melakukan senam jari ini sangat membantu dalam mempercepat belajar bermain gitar untuk yang pemula, dan memudahkan dalam belajar teknik permainan gitar.

karena dalam melakukan senam jari ini, jari kamu akan dituntut untuk terbiasa menekan senar gitar baik itu dalam tempo yang lambat atau cepat. maka setelah kamu melakukan senam jari ini, jari kamu akan lancar menekan senar gitarnya dan tidak akan kaku.

udah kebayang bukan pentingnya melakukan senam jari ini, dan saya selalu menekankan orang yang mau belajar gitar untuk melakukan senam jari ini.

cukup 5-10 menit melakukan senam jari ini sebelum bermain gitar, jika belum tau cara melakukannya klik disini -> lanjutkan membaca.

#3. belajar membentuk kunci gitar

nah kalo untuk langkah yang ke3 ini, banyak orang yang masih pemula bermain gitar langsung belajar bentuk kunci gitar.

hasilnya, mereka akan jauh lebih merasa kesulitan dan kaku pada jari-jari mereka dalam membentuk kunci gitar karena jari-jari mereka belum terbiasa menekan senar gitar.

tapi untuk mereka yang melakukan senam jari sebelum bermain gitar, akan terasa lebih mudah dalam membentuk kunci gitarnya karena jarinya tidak begitu kaku saat menekan senar gitar.

yang akan saya ajarkan tentang kunci gitar hanya yang umum dimainkan saja yaitu kunci mayor, kunci minor, dan kunci 7.

a. kunci mayor

pada  kunci mayor terdiri atas nada pembentuk yaitu (do-mi-sol), hanya ada nada itu saja yang ada pada kunci mayor dan tidak boleh ada nada yang lain karena akan bunyi mayornya tidak akan terasa.

 

perhatikanlah gambar kunci c mayor, saya akan memberikan sedikit pelajaran tentang kunci gitar.

  • carilah tangga nada dari c mayor, maka akan menjadi c=do, d=re, e=mi, f=fa, g=sol, a=la, b=si
  • jika diterapkan pada ┬ápapan fretboard akan seperti berikut

 

  • jadi tinggal ditekan saja nada c=do, e=mi, dan g=sol dan akan menjadi seperti dibawah ini

b. kunci minor

untuk nada pembentuk dari kunci minor adalah do re# sol, sekilas tak jauh berbeda dengan nada pembentuk dari kunci mayor yaitu do mi sol, jadi yang membedakan antara kunci mayor dengan minor terletak pada nada “mi dan re#”.

c. kunci 7

kunci 7 biasanya dimainkan pada permainan musik bergenre jazz, dan kunci ini biasanya disebut dengan julukan kunci jazz. nada pembentuk dari kunci 7 adalah do-mi-sol-la#.

mudah bukan belajar bermian gitar itu, tapi yang kamu pelajari itu masih dasarannya saja. untuk memantapkan permainan gitar kamu silahkan kamu pelajari teknik permainan gitar.

semoga artikel tentang bermain gitar secara otodidak ini dapat bermanfaat bagi kamu, terlebih untuk yang masih pemula dan jangan lupa dishare artikel ini keteman-temannya biar rame-rame main gitarnya.

terima kasih.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *